ARSIP
Sejarah
Awal mula Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) ini adalah Kantor Arsip & Pengolahan Data Elektronik Kota Dumai. Kantor Perpustakaan, Arsip dan Data Elektronik (PADE) Kota Dumai dibentuk berdasar Peraturan Daerah Kota Dumai No. 10 tahun 2003 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Kantor Arsip dan Pengolahan Data Elektronik Kota Dumai. SKPD ini terdiri atas seksi :

♦Pembinaan & Pengelolaan Karsipan.
♦Manajemen & Informasi.
♦Telematika.
♦UPT Perpustakaan.


Kantor Perpustakaan, Arsip dan Data Elektronik (PADE) Kota Dumai yang baru dibentuk berdasar Perda. Kota Dumai No. 15 tahun 2008 tanggal 11 September 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah. SKPD yang baru terdiri atas seksi :

♦Kearsipan.
♦Pendayagunaan Data dan Pemberdayaan Informasi.
♦Perpustakaan.

Tentang PADE
PADE merupakan situs web resmi Kantor Perpustakaan, Arsip & Data Elektronik (PADE) Kota Dumai yang dibuat dan dikelola sendiri oleh satuan kerja ini dengan menginduk pada domain dumaikota.go.id..

Software situs web ini diadakan dengan gratis. Situs ini mengadopsi CMS (Content Managemen System) hasil karya anak bangsa Indonesia yaitu AuraCMS yang berbasis PHP & MySQL berlisensi GPL (General Public License)..

Melalui situs ini diharapkan dapat membagi dan meyebarkan berbagai informasi yang berkaitan dengan lingkup tugas dan fungsi Kantor PADE..

Situs ini mungkin tak semuanya memenuhi harapan para pengguna, oleh karena itu diharapkan adanya kritikan, sumbangan pikiran atau mungkin bentuk modifikasi dari para pengguna sekalian baik berupa modul maupun perubahan-perubahan lainnya yang dapat menjadikan PADE ini menjadi lebih baik..

VISI dan MISI
VISI

"Pusat pembelajaran dan informasi serta mewujudkan aparatur yang profesional dalam pengelolaan teknologi informasi".

MISI

Misi I
Meningkatkan sumber daya manusia Kantor Perpustakaan, Arsip & Data Elektronik dengan mengoptimalkan seluruh aparatur yang terkait dalam menjalankan tugas. Misi II
Meningkatkan pelayanan perpustakaan, arsip dan data elektronik serta merencanakan program pelayanan yang berbasis good governance.
Misi III
Meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat serta pentingnya nilai guna arsip.
Misi IV
Meningkatkan kualitas prasarana dan sarana Kantor Perpustakaan, Arsip & Data Elektronik Kota Dumai.
Misi V
Meningkatkan upaya-upaya pembinaan dalam rangka pemantapan pengelolaan perpustakaan, arsip & data elektronik serta meningkatkan kinerja aparatur, manajemen handal dalam segala bidang.
Misi VI
Melaksanakan sistem kearsipan yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi..